analisa perusahaan kecil yang menjadi market leader saat ini.


TUGAS KEWIRAUSAHAAN
ANALISA PERUSAHAAN KECIL YANG SAAT INI TELAH MENJADI MARKET LEADER

OLEH :
NAMA                              : MIA APRILIANI LUBIS
NIM                                  : 12 03 012
JURUSAN                        : TENAGA PENYULUH LAPANGAN
REKOMENDASI            : LAMPUNG BARAT

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA
PENDIDIKAN TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI
MEDAN
2013
Buatlah analisis terhadap salah satu perusahaan besar yang tadinya berasal dari perusahaan kecil. Pelajari mengapa perusahaan kecil tersebut berhasil tumbuh dan menjadi market leader.

Jawab:

PT.  BlueBird

Dari beberapa informasi mengenai perusahaan pertaksian atau binis taksi yang saya cari dan baca melalui internet, perusahaan taksi yang mempunyai lambang burung berwarna biru tua ini, bermula dari dua mobil bekas pada Oktober 1965, Bu Djoko merintis usaha taksi yang dikenal sebagai Taksi Chandra. Blue Bird pun resmi beroperasi sejak Mei 1972 dan kini armadanya mencapai 22.000 unit. Tiap bulan, 33.000 pegawai Blue Bird melayani 8,5 juta orang.
Dari semula pelayanan yang hanya menggunakan radio panggil, saat ini reservasi dapat melalui Blackberry, iPhone, dan Android, dengan sistem taxi mobile reservation (TMR). Namun, justru bukan teknologi yang menjadi kekuatan Blue Bird, melainkan pelayanannya.

Menurut Kotler (2000, p.428):

“A service is any act or performance that one party can offer to another that is essentially intangible and does not result in the ownership of anything. Its production may or may not be tied to a physical product.”
 Menurut Stanton (1986, p.220):

“Service is identifiable, intangible activity that is the main object of a transaction design to provide what satisfaction to customers.”
            
            Seperti yang kita ketahui, fasilitas-fasilitas yang tersedia pada jasa pelayanan pengangkutan ini tentu sudah tidak diragukan lagi, diantaranya:
a) Mobil yang baik yang digunakan sebagai fasilitas pelayanan
b) Kebersihan mobil
c) Penampilan sopir / karyawan yang baik
d) Fasilitas di dalam mobil sebagai pelengkap pelayanan
e) Ketepatan waktu untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan
f) Argo untuk pembayaran harus sesuai dengan jarak yang ditempuh dan tidak merugikan penumpang
g) Rasa aman yang didapat penumpang terhadap tindak kejahatan
h) Keramahan dan kesopanan sopir / karyawan
           
Dengan adanya fasilitas-fasilitas di atas, sudah tentu perusahaan jasa pelayanan angkutan pada industri transportasi ini layak untuk menjadi market leader atau perusahaan nomer satu dalam bidang transportasi. Bukan hanya hal yang tertera di atas saja yang menjadi fasilitas pelayanan dan kepuasan pelanggan PT. Bluebird ini, namun ada hal-hal lain yang telah dilaksanankan dengan cukup baik oleh perusahaan ini, diantaranya:
a) Ketepatan waktu penyediaan taksi bila ada pemesanan melalui telepon.
b) Ketersediaan waktu untuk menanggapi keluhan penumpang
c) Kemudahan bagi penumpang untuk mendapatkan taksi di mana saja dan kapan saja
d) Kemampuan sopir / karyawan untuk memberikan pelayanan secara  cepat dan tepat kepada penumpang
e) Kejujuran sopir / karyawan untuk mengembalikan barang bawaan penumpang yang tertinggal.

            Jadi, Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan lah yang menjadi kunci utama keberhasilan PT. Bluebird saat ini. Karena, apapun bisnis yang kita lakukan, apabila banyak orang lain yang merasakan manfaatnya, maka insya Allah bisnis kita akan mendapat berkah dan hal itu akan melanggengkan bisnis kita sehingga menjadi bisnis yang sukses.  



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 TwentyOneWorld.com. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates