TUGAS KEWIRAUSAHAAN
ANALISA PERUSAHAAN KECIL YANG SAAT INI TELAH MENJADI MARKET
LEADER
OLEH :
NAMA : MIA APRILIANI LUBIS
NIM : 12 03 012
JURUSAN : TENAGA PENYULUH
LAPANGAN
REKOMENDASI : LAMPUNG BARAT
KEMENTERIAN
PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA
PENDIDIKAN
TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI
MEDAN
2013
Jawab:
PT. BlueBird
Dari beberapa informasi mengenai perusahaan
pertaksian atau binis taksi yang saya cari dan baca melalui internet, perusahaan
taksi yang mempunyai lambang burung berwarna biru tua ini, bermula dari dua
mobil bekas pada Oktober 1965, Bu Djoko merintis usaha taksi yang dikenal
sebagai Taksi Chandra. Blue Bird pun resmi beroperasi sejak Mei 1972 dan kini
armadanya mencapai 22.000 unit. Tiap bulan, 33.000 pegawai Blue Bird melayani
8,5 juta orang.
Dari semula pelayanan yang hanya menggunakan
radio panggil, saat ini reservasi dapat melalui Blackberry, iPhone, dan
Android, dengan sistem taxi mobile reservation (TMR). Namun, justru bukan
teknologi yang menjadi kekuatan Blue Bird, melainkan pelayanannya.
Menurut Kotler (2000,
p.428):
“A service is any act or
performance that one party can offer to another that is essentially intangible
and does not result in the ownership of anything. Its production may or may not
be tied to a physical product.”
Menurut Stanton (1986, p.220):
“Service is identifiable,
intangible activity that is the main object of a transaction design to provide
what satisfaction to customers.”
Seperti yang kita ketahui, fasilitas-fasilitas yang tersedia
pada jasa pelayanan pengangkutan ini tentu sudah tidak diragukan lagi,
diantaranya:
a) Mobil yang baik yang digunakan sebagai fasilitas pelayanan
b) Kebersihan mobil
c) Penampilan sopir / karyawan yang baik
d) Fasilitas di dalam mobil sebagai pelengkap pelayanan
e) Ketepatan waktu untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan
f)
Argo untuk pembayaran harus sesuai dengan jarak yang ditempuh dan tidak
merugikan penumpang
g) Rasa aman yang didapat penumpang terhadap tindak kejahatan
h) Keramahan dan kesopanan sopir / karyawan
Dengan adanya fasilitas-fasilitas di atas, sudah tentu
perusahaan jasa pelayanan angkutan pada industri transportasi ini layak untuk
menjadi market leader atau perusahaan nomer satu dalam bidang transportasi.
Bukan hanya hal yang tertera di atas saja yang menjadi fasilitas pelayanan dan
kepuasan pelanggan PT. Bluebird ini, namun ada hal-hal lain yang telah dilaksanankan
dengan cukup baik oleh perusahaan ini, diantaranya:
a) Ketepatan waktu penyediaan taksi bila ada pemesanan melalui telepon.
b) Ketersediaan waktu untuk menanggapi keluhan penumpang
c)
Kemudahan bagi penumpang untuk mendapatkan taksi di mana saja dan kapan saja
d)
Kemampuan sopir / karyawan untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat kepada penumpang
e)
Kejujuran sopir / karyawan untuk mengembalikan barang bawaan penumpang yang
tertinggal.
Jadi,
Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan lah yang menjadi kunci utama keberhasilan
PT. Bluebird saat ini. Karena, apapun bisnis yang kita lakukan, apabila banyak
orang lain yang merasakan manfaatnya, maka insya Allah bisnis kita akan
mendapat berkah dan hal itu akan melanggengkan bisnis kita sehingga menjadi
bisnis yang sukses.
0 komentar:
Posting Komentar